SESI DEFINISI PERILAKU KONSUMEN

KELAS PERILAKU PELANGGAN

Customer and Consumer Behavior Class

Graduate / Master Program of Management
BOGOR AGRICULTURAL UNIVERSITY

Lecturer: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc.

Di tengah persaingan yang semakin ketat, memahami konsumen menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan secara mendalam dan fokus oleh para pemasar.

Tanpa memahami konsumen, pemasar cenderung mengalami kegagalan berbisnis.

Ilmu yang membantu pemasar memahami konsumen adalah Perilaku Konsumen. Beberapa Ahli telah mendefinisikan Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) dengan berbagai definisi dan perspektif yang cenderung memiliki kemiripan.

Berikut ini adalah beberapa Definisi Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) menurut beberapa ahli :

1. Menurut Schiffman et.al

2. Menurut Mulis & Walker

3. Menurut O’Dougherty et.al

4. Menurut Jim Blythe

5. Menurut O’Quinn

6. Menurut James F. Engel (1994) : Perilaku Konsumen merupakan Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.

7. Menurut Loudon and Albert (1993): Perilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang diperolehnya.

8. Menurut Kotler and Amstrong (1997) : Perilaku konsumen sebagai perilaku pembelian konsumen akhir, baik individu maupun rumah tangga, yang membeli produk untuk konsumsi personal.

9. Menurut Mullen and Johnson (1990) : Perilaku Konsumen sebagai pengkajian dari perilaku manusia sehari-hari.

10.Menurut Ujang Sumarwan (2000) : Secara sederhana, studi perilaku konsumen meliputi hal-hal sebagai berikut, Apa yang dibeli konsumen? (what they buy?), mengapa konsumen membelinya? (why they buy it?), kapan mereka membelinya? (when they buy it?), dimana mereka membelinya? (where they buy itu?), berapa sering mereka membelinya? (how often they buy itu?), berapa sering mereka menggunakannya? (how often they use it?)

11. Menurut Winardi (1991) : Perilaku konsumen sebagai perilaku yang ditujukan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa.

Disarikan dari berbagai sumber

 

KESAN PADA PERTEMUAN PERTAMA PERKULIAHAN KEPUASAN PELANGGAN
BERSAMA PROF. DR. IR. UJANG SUMARWAN, MSC.

1. Saya baru melihat seluruh mahasiswa satu kelas berkontribusi mengeluarkan pemikiran dan pendapatnya tentang materi perkuliahan adalah di pertemuan pertama kelas Teori Perilaku Pelanggan tersebut.

2. Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc. mampu mengeksplorasi seluruh yang ada di benak mahasiswa yang terkait pemahaman tentang Perilaku Konsumen

3. Saya serasa “di-ngeh-kan” kembali tentang perbedaan Perilaku Konsumen dalam perspektif Marketing dan perspektif Teori Ekonomi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s