Sesi Presentasi – MOTIVATION

Status consumption, as defined by Eastman, Goldsmith and Flynn (1999), is “the motivational process by which individuals strive to improve their social standing through the conspicuous consumption of consumer products that confer and symbolize status both for the individual and surrounding significant others”

Mengkonsumsi suatu produk akan menghantarkan konsumen pada posisi status tertentu.

Produk yang membawa “status tinggi” cenderung diminati oleh para konsumen yang cenderung ingin meningkatkan status sosialnya di tengah masyarakat.

Produk berstatus tinggi cenderung memiliki nilai dan harga yang tinggi. Keterbatasan sumber daya menjadi alasan bagi konsumen untuk tidak mengkonsumsi produk asli. Produk Imitasi menjadi pilihan bagi konsumen tertentu. Namun bagi konsumen lainnya, produk yang sejenis dengan merek lain menjadi pilihannya.

Sebuah Disertasi yang membahas tuntas tentang motivasi konsumen dalam memilih produk elit (berstatus tinggi), produk serupa atau produk imitas adalah Disertasi yang disusun oleh Stephanie Geiger-Oneto di tahun 2007 alumnus doktoral dari The Faculty of the College of Business Administration University of Houston yang berjudul Elite Brands and Their Counterfeits: A Study of Social Motives for Purchasing Status Goods.

Berikut ini adalah ringkasannya….

Pendahuluan

Ungkapan: “Anda tergambar dari apa yang Anda beli” telah lama eksis serta telah mengarahkan banyak orang dalam melakukan pembelian. (Thorstein Veblen 1899). Merek tertentu telah menghantarkan seseorang pada status tertentu. Sehingga banyak bermunculan pemalsuan produk yang tetap memberikan “status tinggi” dalam masyarakat. Di antara produk yang dipalsukan adalah produk tas tangan dan perhiasan (d’Astous and Gargouri 2001). Pemalsuan Produk mengakibatkan banyak industri dan perusahaan mengalami kebangkrutan.
Perumusan Masalah
Dalam perspektif Pemasaran, Pemalsuan Produk merupakan pelanggaran hak kekayaan merek yang bisa mengubah motivasi konsumen dalam memilih produk.
Banyak alasan yang mendasari konsumen membeli produk imitasi, antara lain :
a. Sadar Nilai, yaitu perhatian lebih akan keterkaitan harga dengan mutu produk yang diterima.
b. Kepuasan Belanja. Konsumen akan merasa menjadi pembeli cerdas jika berhasil memperoleh produk dengan harga yang murah
c. Meningkatkan Status Sosial. Konsumen dengan sumberdaya terbatas dapat meningkatkan statusnya dengan membeli produk imitasi.
Namun konsumen akan meninggalkan atau menghindari produk imitasi, jika :
a.Konsumen mengetahui resiko negatif yang akan timbul jika mengkonsumsi produk imitasi
b.Konsekuensi Pandangan Negatif masyarakat jika diketahui mengkonsumsi produk imitasi.
Pertanyaan Riset :
a. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Konsumen saat menerima atau menolak Merek Elit
b. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Konsumen saat menerima atau menolak Merek Produk Imitasi
c. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen saat membeli produk untuk meningkatkan status sosial mereka.
Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian ini adalah menggunakan variabel sosiologis dan psikologis untuk menjelaskan faktor-faktor  yang memotivasi konsumen menentukan satu dari tiga pilihan berikut :
a.Membeli produk elit yang asli
b.Tidak membeli produk elit dan berpindah ke produk tidak elit
c.Membeli produk imitasi
Secara spesifik, penelitian ini mengidentifikasi dan menjelaskan motivasi konsumen mengkonsumsi produk imitasi yang harganya sama dengan produk non-elit, seperti halnya konsumen yang lebih memilih produk alternatif dibanding produk elit.
Selengkapnya, silahkan download file-file berikut ini :
1. Presentation – created by Mumuh Mulyana (Bogor Agricultural University)
2. Dissertation – by  Stephanie Geiger-Oneto (University of Houston)

 

Topik Review Disertasi lainnya :
1. PERSONALITY (Kepribadian)
2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s