Sesi Chapter Review – RELIGION INFLUENCES

Religion is one of the most important demographic characteristics.

Religion is the most widely embraced by people in the world: Christianity, Islam, Hinduism, and Buddhism.

Some other religions: Sikh, Sinto, Judaism, Bahai, Confusianism, Zoroastrianism, Taoism

All of these religious teachings influence the attitudes, perceptions and consumer behavior

Religion should animate attitudes, perceptions, ways of thinking and behavior of consumers

Consumers who live the teachings of the religion properly and correctly will be able to build consumer personality is good also, that a wise consumer, productive, highly critical, and unaffected by the world of materialism.

Agama merupakan salah satu karakteristik demografi yang sangat penting.

Agama yang paling banyak dianut oleh penduduk di dunia: Kristen, Islam, Hindu, dan Budha.

Beberapa agama lainnya: Sikh, Sinto, Judaism, Bahai, Confusianism, Zoroastrianism, Taoism

Semua ajaran agama tersebut sangat mempengaruhi sikap, persepsi dan perilaku konsumen

Agama harus menjiwai sikap, persepsi, cara pikir dan perilaku konsumen

Konsumen yang menjalankan ajaran agama dengan baik dan benar akan dapat membangun kepribadian konsumen yang baik pula, yaitu menjadi konsumen yang bijak, produktif, sangat kritis, dan tidak terpengaruh oleh dunia materialisme.

Ajaran Islam tidak melarang manusia untuk memiliki harta benda, tetapi Islam membimbing manusia memperlakukan harta benda tersebut sehingga diharapkan konsumen menjadi manusia yang produktif

Konsep Diri Konsumen Produktif :

Jadilah konsumen yang memiliki konsep diri yang dermawan

Janganlah harta benda melalaikan konsumen menjadi manusia yang lupa kepada Tuhannya

Jangan menjadi manusia yang dermawan karena ingin dilihat dan dipuji oleh orang lain

Jadilah konsumen yang berhemat dan jangan jadi pemboros

Jadilah konsumen yang selalu menepati janji

Jadilah konsumen yang selalu memaafkan

Jadilah konsumen yang selalu berbuat baik

Jadilah konsumen yang sabar

Berpengaruhnya ajaran agama dalam pola konsumsi masyarakat sangat disadari oleh para pemasar

Tidak jarang iklan yang mengkaitkan produk mereka dengan kebutuhan agama.

Ketika bulan Ramadhan tiba, maka cenderung para pemasar mengkaitkan produk mereka dengan kebutuhan di bulan Ramadhan

Atau tidak jarang pula produsen yang membuat modifikasi produksi yang memuat unsur keagamaan di dalam produknya.

DOWNLOAD FILE PRESENTASI LENGKAP

SOAL JAWAB

SOAL 1 : Apakah agama dapat mempengaruhi pola konsumsi konsumen ?

Jawab : Ya, pola konsumsi yang dilakukan konsumen dapat dipengaruhi oleh ajaran agama yang dianut konsumen. Islam yang mewajibkan umatnya menggunakan pakaian menutup aurat, memunculkan kebutuhan terhadap pakaian yang bisa menutup aurat melebihi jumlah atau besarnya kain yang digunakan untuk sekedar berpakaian. Larangan mengkonsumsi suatu daging hewan tertentu, menyebabkan peningkatan atau penurunan terhadap permintaan atas produk tersebut.

SOAL 2 : Aspek apa saja dalam pola konsumsi seorang konsumen yang dipengaruhi ajaran agama?

Jawab : Setidaknya aspek-aspek berikut ini yang dipengaruhi oleh ajaran agama :

a. Aspek jenis produk yang dikonsumsi

b. Aspek waktu konsumsi

c. Aspek jumlah konsumsi

SOAL 3 : Bisakah ajaran agama menciptakan peluang bisnis baru?

Jawab : Ajaran agama yang dilaksanakan oleh penganutnya akan menciptakan banyak peluang bisnis baru bagi para pemasar. Dibutuhkan kejelian dari pemasar untuk bisa menggarap peluang tersebut. Ziarah Kubur yang dilakukan oleh konsumen muslim akan menciptakan peluang bisnis baru, antara lain: jasa transportasi, jasa akomodasi, jasa penyediaan makanan dan minuman, penjualan bunga untuk ziarah, jasa kebersihan makam, bisnis karangan bunga dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s