Faktor Kultural dan Pola Konsumsi

Review Jurnal

An Empirical Investigations of Cultural Factors and Consumption Patterns Correlates in The South-South Geopolitical Zone of Nigeria.

Karya: Hart O. Awa, M.Sc., MBA., et. al.

PENDAHULUAN

Pola Konsumsi menjadi satu bahasan yang tidak pernah habisnya untuk didiskusikan dan dilakukan penelitian secara mendalam. Beragamnya latar belakang konsumen cenderung mempengaruhi pola konsumsi dari konsumen tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah faktor-faktor kultural yang dimiliki atau berada di sekitar konsumen tersebut.

RINGKASAN PAPER

Paper karya Hart O. Awa et. al yang berjudul An Empirical Investigations of Cultural Factors and Consumption Patterns Correlates in The South-South Geopolitical Zone of Nigeria mencoba menguraikan hasil penelitian tentang pengaruh faktor budaya seperti kebiasaan, keyakinan dan nilai-nilai terhadap pola konsumsi atas permen karet, pakaian tradisional, pakaian pernikahan dan upacara pemakaman di Zona Geopolitik Selatan bagian Selatan Nigeria.

Setiap ekonomi, negara, politik, organisasi kerja, masyarakat, dan keluarga / rumah tangga memiliki beberapa ukuran keunikan dan mungkin kesamaan dalam norma-norma, tabu, keyakinan, sistem, cerita rakyat, dll; yang biasanya mencerminkan cara-cara umum kehidupan masyarakat, terutama perilaku konsumsi mereka.

Wanita Prancis rata-rata hampir dua kali menggunakan kosmetik dan alat kecantikan lainnya. Perempuan Tanzania tidak akan memberikan telur untuk anak-anak mereka karena takut botak atau impoten. Bahkan dalam organisasi, keputusan sering mencerminkan latar belakang budaya dari pembuat keputusan (Awa, 2003) dan budaya itu sendiri memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja keuangan perusahaan (Kotter dan Heskett, 1992; Van de Posting et al, 1998), orientasi pasar, dan keunggulan kompetitif (Sadri dan Lees, 2001).

Zona Geopolitik Selatan bagian Selatan Nigeria adalah daerah bagian dari wilayah Delta Niger, yang terdiri dari enam negara-Akwa Ibom, Cross River, Bayelsa, Rivers, Delta, dan Edo. Zona ini sangat memberikan kontribusi untuk Ekonomi Nigeria melalui minyak dan gas yang belum mendapatkan perhatian pemerintah, sehingga saat ini sering dijadikan sebagai rumah militan beraksi, penculikan, dan penyanderaan. Zona GeoPolitik Selatan bagian selatan Nigeria memiliki atribut budaya berbeda yang membedakannya dengan yang zona geo-politik lainnya di Nigeria dan mengakomodasi beberapa etnis negara besar dan kecil dengan perbedaan budaya, yang sering nampak dalam pola konsumsi mereka.

Secara khusus, warisan budaya yang unik mereka sebagian besar berkaitan dengan cara berpakaian, hiburan, pendidikan, peran jender, bahasa, pekerjaan, ritual pemakaman, estetika, norma, sistem nilai, biaya pernikahan, dll. Misalnya, konsumsi atas pakaian tradisional dan pakiana pernikahan mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat untuk ditampilkan dalam sebuah festival atau upacara dan mereka berupaya untuk mencapainya sekalipun harus mengorbankan kebutuhan lainnya.

Demikian pula dengan upacara pemakaman dianggap sangat penting bagi orang Selatan-Selatan sebagai referensi mereka dan memberikan penghormatan kepada anggota masyarakat yang meninggal. Secara umum, upacara dan ritual yang dilakukan mereka untuk menghormati dan / atau menguburkan orang mati mungkin memiliki kemiripan akan tetapi dalam beberapa kasus berbeda tergantung pada negara dan rakyat.

DOWNLOAD MAKALAH SELENGKAPNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s