Private Brand – Brand Equity – Shopping Preference

Mumuh Mulyana (STIE Kesatuan Bogor)

PENDAHULUAN
Strategi Private Brand atau disebut juga Private Label telah menjadi bagian strategi pemasaran yang dilakukan oleh para peritel. Dengan harapan efisiensi biaya dapat tercapai dan mampu meningkatkan brand awareness di benak konsumen. Private Brand Strategy berpengaruh terhadap Brand Equity dan Shopping Preferences Pelanggan. Serta Brand Equity berpengaruh terhadap Shopping Preferences (Chen-Cing-Liang, 2009). Konsumen dalam menentukan pilihan produk akan sangat ditentukan oleh preferensi konsumen berdasarkan atribut yang mensyaratkan suatu pengetahuan dan penggunaan spesifik dari atribut pada saat mengambil keputusan (Kardes dan Gibson, 1991 dalam Partikno, 2003:54). Pada dasarnya, kebanyakan orang berusaha melakukan preferensi berdasarkan atribut dalam melakukan pemilihan terhadap suatu merek.
Giant Supermarket Loji Sindang Barang Bogor adalah salah satu dari sejumlah retailer di kota Bogor yang menggunakan private brand. Giant dikenal konsumen sebagai pengecer berbagai produk bukan sebagai produsen berbagai produk. Namun, di Giant terdapat produk yang dijual dengan menggunakan merek Giant. Inilah yang disebut produk dengan private brand milik Giant.
Produk-produk yang menggunakan private brand Giant supermarket antara lain yaitu kecap, air mineral, garam, mie instan, pembersih lantai, baby diapers, tissue, carbol, box countainer, cutton bud, gula, roti tawar, selai, sirup, minyak goreng, cuka, nugget, tool kit, amplop, kertas HVS, sendok dan garpu, serta lainnya. Dengan berbagai produk yang dimiliki oleh Giant supermarket tersebut diharapkan dapat menarik konsumen untuk berkunjung ke Giant Supermarket. Untuk mengukur efektifitas private label dalam mempengaruhi ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen Giant, dilakukan penelitian ini dengan identifikasi masalah sebagai berikut : (1) menguji bahwa Private brand berpengaruh positif terhadap Ekuitas merek, (2) Menguji Private brand berpengaruh positif terhadap Preferensi belanja pelanggan dan (3) menguji Ekuitas merek berpengaruh positif terhadap Preference belanja pelanggan.

DOWNLOAD MAKALAH SELENGKAPNYA ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s