Globalizing Intelligent Organization

Artikel ini menguraikan tentang perbedaan antara pembelajaran eksploitatif (exploitative learning) dengan pembelajaran eksploratif (exploratif learning) dengan tujuan untuk memperlihatkan keunggulan dari keduanya, bukan hanya satu diantara yang lain. Hal ini mempertimbangkan tiga studi kasus singkat, yaitu Microsoft, Berlei dan Patricks.
Saat ini Microsoft mungkin sering dianggap sebagai lambang dari organisasi ‘cerdas’ (intelligent organization). Microsoft menjadi perusahan yang memiliki reputasi baik melalui penciptaan produk yang sebenarnya tidak reliabel bahkan relatif memiliki beberapa kelemahan dalam penggunaannya di tengah masyarakat. Lalu Karyawan di pabrik Lithgow dari Berlei mencapai praktek terbaik di dunia, atas pekerjaaan mereka di lepas pantai, atas dasar pembelajaran yang telah mereka capai untuk perusahaan. Dalam kasus Patricks kita bisa melihat efek dari kepintaran manajerial, namun menghasilkan upaya re-organisasi yang gagal akibat tidak mempertimbangkan dimensi sosial politik, dengan kata lain dalam perusahana telah terjadi proses pembelajaran yang dibebaskan.
Di era perubahan global, rekonstruksi organisasi telah menjadi norma dan organisasi menghasilkan segudang representasi secara rutin. Dan ini langsung mengarah kepada neraca, laporan dan ruang rapat. Padahal realitas organisasi bukanlah ruang rapat atau neraca tetapi praktik dan pertemuan dalam masyarakat, kapasitas dan aspirasi yang dibentuk dalam pola sosial (Albrow, 1997:3). Pola yang diberikan adalah adanya beragam rasionalitas bahwa anggota organisasi dan mereka yang mempengaruhi menggunakan tipe yang sama, sehingga mengatur hubungan diferensial dari kekuasaan dan pengetahuan dalam organisasi.

Click Here to download the complete article

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s