ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK

ABSTRAK

Berdasarkan hasil evaluasi konsumen atas masing-masing atribut, dapat disimpulkan bahwa konsumen yakin bahwa atribut pada produk tersebut dapat diterima (setuju).  Berdasarkan nilai evaluasi atas masing-masing atribut, dapat diurutkan berdasarkan ranking tertinggi (yang paling disukai) hingga terendah (bukan alasan utama dalam membeli) yakni sebagai berikut : (1) Lebih murah, (2)  Rasa sesuai selera, (3) Mengandung Nilai Gizi, (4)  Lebih lezat, (5) Tidak ada zat berbahaya, (6) Warna menarik, (7) ukuran cukup ideal  dan (8) Manfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil perhitungan nilai Fishbein, diperoleh skor sebesar 23,706.   Skor ini mengandung makna, bahwa konsumen memiliki sikap yang positif terhadap susu kental manis coklat Indomilk.  Artinya citra produk ini cukup baik.  Jika dilihat lebih dalam, maka skor 23,706 tersebut mengandung makna bahwa sikap konsumen dalam membeli susu kental manis coklat Indomilk adalah positip dan setuju akan atribut yang ada dalam produk susu kental manis coklat Indomilk.

Keywords: Perilaku Konsumen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s