MENGUKUR KEPUTUSAN NASABAH MELALUI ANALISIS BRAND ASSOCIATION

This research examines of the questions to (1) the customer behaviour in choosing variety of products offered by Bank Muamalat Indonesia in Bogor, (2) any factors that could be dominant and have an opportunity to be developed, (3) what kind of brand association that  are formed by customers of Bank Muamalat Indonesia in Bogor.

The main parameter in this research is based on The Respondent Characteristic Analysis and The Brand Association Analysis.

The present study investigates that Security and Services could create a Brand Assocition of Bank Muamalat Indonesia in Bogor. Finally, those Five attributes will be set as an image to the customers to describe the Bank Muamalat Indonesia in Bogor.

Keywords: Brand Association, Bank Muamalat Indonesia

HASIL PENELITIAN :

Atribut PELAYANAN dan KEAMANAN secara bersama-sama membentuk Brand Association dari Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor. Dengan demikian Pelayanan dan Keamanan secara bersama-sama mampu membentuk Brand Association bagi Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor. Kedua atribut itulah yang tertanam dalam benak nasabah untuk menggambarkan Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor.

Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor sebagai Bank syariah, dianggap secara pasti oleh nasabah sebagai Bank syariah yang memiliki Pelayanan yang memuaskan nasabah. Sapaan oleh petugas bank kepada nasabah di saat nasabah masuk ke kantor cabang Bank Muamalat Indonesia memberikan kepuasan yang tak terlupakan pada benak nasabah. Termasuk pelayanan pemberian bantuan di kala nasabah mengalami kesulitan dalam mengisi atau melakukan proses perbankan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor. Dan yang paling penting adalah antrian nasabah yang tidak lama sehingga nasabah tidak merasa kesal dan jenuh akibat menunggu.

Atribut kedua yang dinyatakan oleh nasabah Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor adalah keamanan melakukan transaksi perbankan di Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor. Keamanan dalam berinvestasi yang disediakan oleh Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor pada dasarnya memiliki standar yang sama dengan bank lainnya. Keamanan yang dimaksud nasabah di sini adalah dalam hal keamanahan yang dipegang teguh oleh pihak Bank Muamalat Indonesia di samping sistem bagi hasil yang lebih membuat nasabah merasa nyaman dalam melakukan penyimpanan dananya di Bank Muamalat Indonesia, karena dengan sistem bagi hasil tersebut, nasabah merasa terhindar dari sistem ribawi yang menjadikan status dana yang diterimanya tidak halal.

Manajemen Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor dalam mengembangkan strategi pemasarannya, bisa menggunakan kedua atribut ini sebagai fokus utama. Dengan harapan, akhirnya dapat diperoleh peningkatan jumlah nasabah dan pengembangan Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor menjadi alternatif sistem perbankan yang kredibel dan dapat diminati oleh seluruh masyarakat di Bogor. Namun satu hal yang perlu diingat, sekalipun kedua atribut ini menjadi fokus, sebaiknya manajemen Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor tetap mengembangkan atribut-atribut lainnya sehingga Nasabah yang mengharapkan atribut-atribut lainnya tersebut dapat menghimpun dananya di Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s