QUIZ Manajemen Penjualan

1. Manajer Penjualan sering melakukan pembagian area / teritorial penjualan untuk membatasi area kerja para sales executives-nya. Menurut Anda, perlukah pembagian territorial penjualan tersebut? Jelaskan!

2. Ketua Tim Penjualan dan Manajer Penjualan merupakan pihak yang memiliki tugas untuk memimpin proses pelaksanaan penjualan produk yang membawahi beberapa orang sales executives. Namun dalam proses kepemimpinan mereka selalu “diwarnai” oleh perilaku yang tidak baik, di antaranya Perilaku tidak etis dan curang dalam laporan keuangan.
a. Jelaskan menurut Anda kedua perilaku tidak baik tersebut!
b. Berikan contohnya!

3. Supervisi memegang peranan penting untuk meningkatkan kinerja para sales executives. Ada empat cara / sarana supervise yang bisa digunakan, di antaranya Supervisi melalui laporan dan Supervisi melalui pertemuan. Menurut Anda, sarana supervise mana yang lebih baik dan paling efektif untuk dilaksanakan? Jelaskan!

4. Kesulitan dalam perekrutan tenaga sales executives sering dialami oleh manajer SDM dan Manajer Penjualan. Anda adalah seorang manajer penjualan yang sedang membutuhkan karyawan bagian penjualan, kemudian Anda mengumumkan lowongan pekerjaan ini. Ternyata, keseluruhan pelamar yang menyampaikan aplikasinya adalah lulusan SLTA, apa yang akan Anda lakukan? Merekrutnya atau membatalkan semuanya! Jelaskan!

One thought on “QUIZ Manajemen Penjualan

  1. jwaban no.1:
    perlu, agar dapat dipetakan potensi per daerah dan dapat salesnya dapat dikontrol.tidak semua sales profesional.tugas spv penjualan itulah yg akan mengontrol para sales,jika tidak diatur dengan baik dimana area seorang sales bekerja,maka tugas u/ mengontrol akan sulit sekali,misal seorang sales mempunyai customer di jakarta utara,satu lagi di depok,u/ mengontrol kinerja sales ini pada 2 customer itu,akan makan waktu bagi seorang spv.lain halnya jika terlebih dahulu seorang sales di tentukan area kerjanya.

    2. tidak etis bisa dengan cara menggelapkan uang customer,bekerja sama dengan sales.

    3.melalui pertemuan.jika hanya laporan maka karakteristik,kinerja dan hambatan mereka hanya terlihat berada diatas kertas.analisa dengan cara ini lemah,karena tidak mencakup berbagai faktor dilapangan yg tidak bisa diperhitungkan.

    4.mereka menjual produk apa?jika hanya produk yg tidak butuh pengetahuan khusus saya rasa akan mempertimbangkan mereka,tapi jika produk yg butuh pengetahuan khusus semisal tabungan,deposito,perlu tenaga yg mempunyai pendidikan yg lebih tinggi lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s