Keseimbangan Ekonomi dalam Masyarakat

Islam telah mewajibkan sirkulasi kekayaan terjadi pada semua anggota masyarakat dan mencegah terjadinya sirkulasi kekayaan hanya pada segelintir orang.
Jika masyarakat mengalami kesenjangan yang lebar antarindividu dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, lalu ingin dibangun kembali masyarakat, atau di dalam masyarakat tersebut terjadi kesenjangan karena mengabaikan hukum-hukum Islam, serta meremehkan penerapan hukum-hukum tersebut, maka negara harus memecahkannya dengan cara mewujudkan keseimbangan dalam masyarakat.
Caranya adalah dengan memberikan harta negara kepada orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhannya. Karena itu, negara harus bisa mecukupinya, sehingga dengan terjadinya pemenuhan tersebut akan terwujud keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Maksud pemberian harta tersebut bukan sekedar memenuhi kebutuhan yang bersifat temporal, tetapi sebagai sarana untuk memenuhinya. Bukan ikan yang diberi akab tetapi kailnya yang diberi.
Apabila harta negara terbatas, maka negara tidak boleh memungut pajak dari rakyat dalam rangka memenuhi keseimbangan tersebut. Namun negara bisa mengusahakan terpenuhinya harta tersebut dengan sumber penerimaan yang lain, semisal ghanimah atau harta milik umum.
Demikianlah pada saat negara melihat adanya ancaman terhadap keseimbangan ekonomi di dalam masyarakat, negara harus menyelesaikan ancaman tersebut.
Kepala Negara harus menciptakan keseimbangan ekonomi dengan menyuplai rakyat yang fakir dengan harya yang diambilkan dari Kas Negara, yang merupakan milik rakyat. Dengan suplai tersebut bisa diwujudkan keseimbangan ekonomi.
Hanya saja, ini tidak termasuk dalam kategori anggaran tetap belanja kas negara, namun hanya merupaka solusi atas kondisi tertentu dengan harta tertentu.

Kelas Manajemen Bisnis Syariah
Kultweet: @moebselalu #mnjbisnisyariah

……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s