Penjualan Mata Uang

Penjualan mata uang dengan mata uang yang serupa, atau penjualan mata uang dengan mata uang asing adalah aktivitas sharf.
Aktivitas sharf tersebut hukumnya mubah. Sebab, sharf tersebut merupakan pertukaran harta dengan harta lain, yang berupa emas dan perak, baik sejenis maupun yang tidak sejenis dengan berat dan ukuran yang sama dan boleh berbeda.

Hanya saja, semua itu harus sama-sama kontan dan bukannya dengan cara kredit; atau barang dan bukannya barang dengan kredit; atau dengan melebihkan timbangan yang satu dengan timbangan yang lain, atau dengan menyamakan timbangan yang satu dengan yang lain, atau sama-sama tanpa timbangan, ataupun antara yang ditimbang dengan tanpa timbangan. Semuanya boleh.
Ini terjadi dalam pertukaran antara dua jenis uang yang berbeda.

Jadi pertukaran dalam satu jenis uang hukumnya boleh, namun syaratnya harus sama; sama-sama kontan dan barangnya sama-sama ada.

Begitu pula pertukaran antara dua jenis uang; hukumnya mubah. Bahkan tidak ada syarat harus sama atau saling melebihkan, namun hanya disyaratkan kontan dan barangnya sma-sama ada.

Kelas Manajemen Bisnis Syariah
Kultweet: @moebselalu
…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s