Intensi Berwirausaha

BERWIRAUSAHA; sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga masyarakat secara umum. Banyak kata atau kalimat yang terlintas dalam benak kita, saat kata “berwirausaha” disebutkan atau diperdengarkan. Sebut saja: berusaha sendiri, berjualan, modal, laba, menciptakan lapangan pekerjaan, peluang, bermanfaat bagi orang lain, resiko, ketidakpastian, inovasi, dan puluhan kata atau kalimat lainnya yang bisa disebutkan yang berkaitan dengan wirausaha.

Berwirausaha itu tidak selalu bicara tentang uang. Tidak sedikit bisnis yang dijalankan hanya bermodalkan “dengkul”. Hanya dengan cara “bercuap-cuap”, ngomong sana sini, seseorang sudah bisa berbisnis dan mencari uang. Keliru, jika ada seseorang tertahan mewujudkan keinginannya untuk berwirausaha dengan dalih tidak punya modal.

Modal utama untuk berwirausaha adalah adanya keyakinan untuk sukses; Keyakinan untuk dapat menjalankan bisnis dengan hasil yang terbaik. Keyakinan ini akan menjadi pendorong internal dari pelaku bisnis untuk mengerahkan segenap daya dan upaya agar wirausaha/bisnis berjalan optimal dan meraih kesuksesan.

Keyakinan ini menjadi bagian dalam membangun minat atau intensi berwirausaha seseorang. Tidak mudah membangun intensi berwirausaha.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya intensi berwirausaha antara lain adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan Eksternal; seperti adanya dukungan orang-orang sekitar, akses kepada modal, kepemilikan jaringan sosial, dukungan kondisi dan karakteristik lingkungan hidup dan masyarakat dsb
2. Demografis; mencakup tingkat pendidikan, usia, jender, ras/keturunan dsb
3. Kepribadian; meliputi efikasi diri dan kebutuhan berprestasi

TO BE CONTINUED…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s