Tugas Lab Ekonomi Kreatif & Praktek Pemasaran

ANALISIS PERIKLANAN – Majalah

Sebagus apa pun produk yang dibuat oleh Produsen, jika tidak dilakukan promosi maka produk tersebut tidak akan dicari orang karena produk tersebut tidak dikenal. Salah satu strategi promosi adalah periklanan.

Majalah sebagai salah satu media komunikasi banyak diisi oleh periklanan produk. Dengan iklan tersebut, konsumen digiring untuk mengenal dan tertarik kepada produk yang dipromosikan.

Produk yang diiklankan biasanya akan mengalami peningkatan penjualan, setingkat apa pun kualitas produknya.

Dalam iklan sering digunakan selebritis atau pun pakar sebagai reference group (kelompok acuan). Coba perhatikan iklan sabun mandi, kebanyakan iklan-iklannya “dipenuhi” oleh penampilan para selebritis. Atau juga, iklan produk kesehatan yang menampilkan para pakar seperti : dokter, ahli gigi, atau yang lainnya yang memberi testimoni dan rekomendasi penggunaan produk.

Ada pula iklan yang dirasa tidak nyambung dengan produk yang ditawarkan. Namun di balik itu semua terdapat keunikan yang membuat beda dengan iklan produk lainnya.

Tugas Anda adalah melakukan Analisis Stategi Periklanan yang ditampilkan atau dimuat di Majalah.

PETUNJUK PENGERJAAN :
1. Masing-masing mahasiswa memperoleh satu lembar iklan untuk dianalisis
2. Silahkan download gambar iklan yang akan dianalisis dengan meng-klik NPM masing-masing
08120065     10120002    10120003    10120004    10120005   10120008   10120009
10120012     10120016    10120018    10120019    10120021   10120022   10120028
10120022     10120028    10120031    10120033    10120042   10120043   10120054
10120063     10120065    10120069

08120046     10120010    10120024    10120048

09120035     10120006    10120007    10120011    10120014   10120015   10120017
10120023     10120035    10120036    10120037    10120041   10120045   10120047
10120052     10120057    10120066    10120072    10120075   10120086   10120088
11120084     11120092    12120076    12120099    12120108   12120109   12120111
11120120

3. Gambar cukup didownload saja, tidak perlu dicetak
4. Silahkan analisis sesuai arahan pada Lembar Kerja dalam Modul Ekonomi Kreatif dan Praktek Pemasaran hal 41 – 43
5. Hasil analisis Anda ditulis tangan di lembar kerja tersebut
6. SELAMAT MENGERJAKAN & PERHATIKAN NRP ANDA, Jangan sampai meng-klik gambar mahasiswa lain.

Source:
Judul Buku     :   EKONOMI KREATIF & PRAKTEK PEMASARAN,
Penulis           :   Mulyana, Mumuh dan Sulistiono,
Penerbit         :   Bogor : Kesatuan Press
Tahun Terbit  :   2012.

One thought on “Tugas Lab Ekonomi Kreatif & Praktek Pemasaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s