The Effect of Product Package on Buying Decision and Its Implication to Brand Switching

Kemasan terhadap Keputusan Pembelian

Dalam Model di atas terlihat bahwa Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor dalam kemasan produk, yang terdiri dari Warna Kemasan, Bentuk Kemasan, Ukuran Kemasan, Desain Kemasan, Informasi dalam Label dan Material Fisik Kemasan.

Dua Faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah Material Fisik dan Informasi dalam Label kemasan dengan loading factor secara berurutan 0,415 dan 0,234.

Satu faktor memiliki pengaruh yang negatif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, yaitu faktor Bentuk Kemasan dengan nilai loading factor sebesar -0,102. Hal ini terjadi karena banyak faktor penyebab, di antaranya adalah terlalu beragamnya bentuk kemasan yang disajikan ke hadapan konsumen saat produk dipasarkan. Di samping itu, adanya persepsi yang bertolak belakang antara merek yang diusung dengan bentuk kemasan. Sebelumnya Produk tersebut dikenal sebagai produk yang dikemas dalam botol, namun belakangan tampil pula dengan bentuk kemasan kotak. Perubahan ini tentu memiliki pengaruh terhadap persepsi yang terbentuk di benak konsumen.

Penjelasan tersebut tidak jauh berbeda saat model diperluas dengan memasukkan variabel Brand Switching sebagai variabel endogen yang dipengaruhi oleh variabel keputusan pembelian.

Model Penelitian Kemasan terhadap brans Switching

 

One thought on “The Effect of Product Package on Buying Decision and Its Implication to Brand Switching

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s