TUGAS Ekonomi Kreatif dan Praktek Pemasaran 2014

ANALISIS PERIKLANAN – Majalah

Sebagus apa pun produk yang dibuat oleh Produsen, jika tidak dilakukan promosi maka produk tersebut tidak akan dicari orang karena produk tersebut tidak dikenal. Salah satu strategi promosi adalah periklanan.

Majalah sebagai salah satu media komunikasi banyak diisi oleh periklanan produk. Dengan iklan tersebut, konsumen digiring untuk mengenal dan tertarik kepada produk yang dipromosikan.

Produk yang diiklankan biasanya akan mengalami peningkatan penjualan, setingkat apa pun kualitas produknya.

Dalam iklan sering digunakan selebritis atau pun pakar sebagai reference group (kelompok acuan). Coba perhatikan iklan sabun mandi, kebanyakan iklan-iklannya “dipenuhi” oleh penampilan para selebritis. Atau juga, iklan produk kesehatan yang menampilkan para pakar seperti : dokter, ahli gigi, atau yang lainnya yang memberi testimoni dan rekomendasi penggunaan produk.

Ada pula iklan yang dirasa tidak nyambung dengan produk yang ditawarkan. Namun di balik itu semua terdapat keunikan yang membuat beda dengan iklan produk lainnya.

Tugas Anda adalah melakukan Analisis Stategi Periklanan yang ditampilkan atau dimuat di Majalah.

PETUNJUK PENGERJAAN :
1. Masing-masing mahasiswa memperoleh satu lembar iklan untuk dianalisis
2. Silahkan download gambar iklan yang akan dianalisis dengan meng-klik No Absen masing-masing (Lihat di Buku Hadir Perkuliahan)

No Absen 1     No Absen 2    No Absen 3    No Absen 4    No Absen 5   No Absen 6   No Absen 7
No Absen 8     No Absen 9

No Absen 10  No Absen 11    No Absen 12    No Absen 13     No Absen 14     No Absen 15
No Absen 16  No Absen 17    No Absen 18    No Absen 19    No Absen 20     No Absen 21
No Absen 22  No Absen 23   No Absen 24    No Absen 25   No Absen 26     No Absen 27

No Absen 28  No Absen 29   No Absen 30   No Absen 31    No Absen 32
No Absen 33  No Absen 34   No Absen 35    No Absen 36   No Absen 37  No Absen 38
No Absen 39  No Absen 40

3. Gambar cukup didownload saja, tidak perlu dicetak
4. Silahkan analisis sesuai arahan pada Lembar Kerja dalam Modul Ekonomi Kreatif dan Praktek Pemasaran hal 41 – 43
5. Hasil analisis Anda ditulis tangan di lembar kerja tersebut
6. SELAMAT MENGERJAKAN & PERHATIKAN NRP ANDA, Jangan sampai meng-klik gambar mahasiswa lain.

Source:
Judul Buku     :   EKONOMI KREATIF & PRAKTEK PEMASARAN,
Penulis           :   Mulyana, Mumuh dan Sulistiono,
Penerbit         :   Bogor : Kesatuan Press
Tahun Terbit  :   2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s