Tugas Ekonomi Kreatif – Analisis Periklanan

ANALISIS PERIKLANAN – Majalah

Sebagus apa pun produk yang dibuat oleh Produsen, jika tidak dilakukan promosi maka produk tersebut tidak akan dicari orang karena produk tersebut tidak dikenal. Salah satu strategi promosi adalah periklanan.

Singkatnya, Periklanan memegang peranan penting dalam pemasaran produk.

Majalah sebagai salah satu media komunikasi banyak diisi oleh periklanan produk. Dengan iklan tersebut, konsumen digiring untuk mengenal dan tertarik kepada produk yang dipromosikan.

Produk yang diiklankan biasanya akan mengalami peningkatan penjualan, setingkat apa pun kualitas produknya.

Dalam iklan sering digunakan selebritis atau pun pakar sebagai reference group (kelompok acuan). Coba perhatikan iklan sabun mandi, kebanyakan iklan-iklannya “dipenuhi” oleh penampilan para selebritis. Atau juga, iklan produk kesehatan yang menampilkan para pakar seperti : dokter, ahli gigi, atau yang lainnya yang memberi testimoni dan rekomendasi penggunaan produk.

Ada pula iklan yang dirasa tidak nyambung dengan produk yang ditawarkan. Namun di balik itu semua terdapat keunikan yang membuat beda dengan iklan produk lainnya.

Tugas Anda adalah melakukan Analisis Stategi Periklanan yang ditampilkan atau dimuat di Majalah.

PETUNJUK PENGERJAAN :
1. Masing-masing mahasiswa memperoleh satu lembar iklan untuk dianalisis
2. Silahkan download gambar iklan yang akan dianalisis dengan meng-klik Nama masing-masing

KELAS SORE & KARYAWAN
Ahmad Fadhly 
Neta Novia Ritami
Rabella Lukita Ningdiah
Nur Hayani
Gadis Adistra Kirana
Dewi Afni
Noviyanti
Aditya Gustama
M Idham Hamdani
Adythias Prayoga
M Idhal
Yohan Handoyo Saputra
Rengganis Rizmalita

KELAS PAGI
MOCH SOPIAN
SARAH YUNIAR
SUCI LUSIANA
CLAUDIA PUSPA
AGUNG PRAKOSO
INDRA NUR HAKIM
AKBAR MULYANA
M ALDY PURNAMA
DELAILA AMELIA M
RISKA RESTIANA
IRSAL FAJAR
REZA FAJAR
INTAN DWI
VANYA INDRIANA
M JAZULI
SITI INDAH
EVI WULANDARI
RIVAL IRVANI
RANDY JANUARI
M IBRAHIM
ADITYA YUSFIDA
M ARDI ARYANSYAH
RUBERT ARNO
JAKA SURTAM
RAI HESTI
RIZKI NURFADILLAH
NURTAUFIKA
NOVI YANTI
ENDANG ISNAWATI
EDELLEIN PUTRI
RIA PERTIWI
ISMA RACHMADANI
ELISA GABRIELA

3. Gambar cukup didownload saja, tidak perlu dicetak
4. Silahkan analisis sesuai arahan pada Lembar Kerja dalam Modul Ekonomi Kreatif dan Praktek Pemasaran hal 41 – 43
5. Hasil analisis Anda ditulis tangan di lembar kerja tersebut
6. SELAMAT MENGERJAKAN & PERHATIKAN NRP ANDA, Jangan sampai meng-klik gambar mahasiswa lain.

Source:
Judul Buku     :   EKONOMI KREATIF & PRAKTEK PEMASARAN,
Penulis           :   Mulyana, Mumuh dan Sulistiono,
Penerbit         :   Bogor : Kesatuan Press
Tahun Terbit  :   2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s