E-Commerce

Pemasaran Digital (E-Commerce) telah menjadi bagian dari dinamika bisnis di era kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Sudah tidak asing lagi di pendengaran kita tentang istilah ”belanja online”, “transfer online” bahkan “lelang online”. Semua aktivitas online tersebut, menjadi bagian tak terpisahkan dari e-business yang semakin menghilangkan batas wilayah dan mempersingkat waktu bertransaksi bisnis.

E-Commerce hadir di tengah dinamika tersebut, dinilai sebagai paradigma bisnis baru sebagai bidang kajian yang masih terus berkembang. E-Commerce berdampak besar pada praktek bisnis, setidaknya dalam hal penyempurnaan direct marketing, transformasi organisasi, dan redefinisi organisasi.

Model e-commerce atau sering disebut pula e-business menekankan pada pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperless, melalui Electronic Data Interchange (EDI), E-mail, electronic bulletin boards, electronic fund transfer, dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan. Popularitas e-business di penghujung abad 20 dan di awal milenium baru ini ditunjang oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu (1) faktor pasar dan ekonomi, diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan dagang regional, dan tingkat kepuasaan konsumen yang semakin bertambah besar, (2) faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik, dan (3) faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul hampir setiap waktu, information overload, dan berkurangnya rasio biaya teknologi terhadap kinerja.

Pada tingkat Sarjana Manajemen Pemasaran, materi E-Commerce telah menjadi bagian pembelajaran yang penting untuk memposisikan para lulusan sarjana di era digital ini paham betul tentang potensi dan dinamika bisnis yang dilakukan secara online.

Susunan Materi Kuliah E-Commerce :

Sesi 1 – Electronic Commerce Definition
Sesi 2 – Electronic Commerce Concept
Sesi 3 – Effective Marketing on Internet
Sesi 4 – E-Commerce dalam Industri Jasa
Sesi 5 – E-Commerce dalam Industri Ritel
Sesi 6 – E-Commerce dalam Layanan Publik
Sesi 7 – E-Commerce dalam Industri Manufaktur
Sesi 8 – Strategi dan Implementasi E-Commerce

One thought on “E-Commerce

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s